Plan Ur Financial

Merencanakan dan Mengatur Keuangan. Kata yang baru kukenal di bulan ini.. Sebelumnya sih sering terpikir, tapi belum pernah difokuskan dan diintenskan untuk benar-benar dilakukan seperti sekarang. Namun saat tiba-tiba duit hilang ga jelas ke mana peruntukannya dan apa perwujudannya.

Berikut adalah beberapa tips yang kudapatkan dari buku perencanaan keuangan, yang ditulis SS, konsultan perencana keuangan yang mengasuh rubrik di sebuah tabloid wanita.

  1. Tabungan harus lebih dulu dilakukan sebelum melakukan pembelian untuk pemenuhan kebutuhan harian selama sebulan.
  2. Pisahkan tabungan untuk peruntukan yang berlainan ke rekening yang berlainan. Untuk yang berkeluarga, pisahkan mana rekening suami, mana rekening istri, mana rekening untuk kebutuhan konsumsi keluarga, mana rekening untuk tabungan tujuan tertentu, dst.
  3. Cari produk penyimpanan uang yang memberikan hasil bagi yang lebih besar, namun tidak memungkinkan pengambilannya sewaktu-waktu, sehingga memperkecil peluang konsumtif.
  4. Sediakan uang tunai di rumah untuk keperluan sehari-hari. Hal ini akan memperkecil peluang untuk mengambil di ATM. Ingat, kita cenderung mengambil uang melebihi keperluan kita saat berada di ATM. Ini harus diminimalisir !!
  5. Pisahkan uang tunai untuk kebutuhan konsumtif harian tersebut ke amplop yang berbeda, sesuai peruntukannya. Dengan demikian, dapat terus dipantau, apakah kita terlalu boros atau sudah sesuai perencanaan.
  6. Bagi yang sudah berkeluarga, rencanakan kebutuhan pendidikan putra-putri Anda dari sekarang. Ingat, inflasi semakin meningkat. Semakin telat persiapan dan perencanaannya, maka cicilan yang harus disisihkan akan semakin besar. Demikian pula yang harus disisihkan untuk keperluan lain. Maka mulailah dari sekarang. Carilah produk yang memang benar-benar bisa menjamin pemenuhan kebutuhan tersebut. Harus menyisihkan waktu untuk benar-benar menghitung kebutuhan tersebut !! Jangan hanya dikira-kira, harus benar-benar dihitung, dengan mempertimbangkan tingkat kenaikan inflasi yang ada.

*Tips yang lain, bisa ditemukan lengkap di bukunya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s