Saguling dalam Krisis

Saguling adalah wilayah di kecamatan Batujajar Bandung berbatasan dengan Cianjur, yang secara fisik dibatasi sungai Citarum yang mengalir cukup deras (jeramnya cukup dasyat). Nama Saguling dikenal sebagai PLTA. Yap, di daerah ini memang berdiri sebuah bendungan besar  yang dioperasikan oleh PT. Indonesia Power dan mensuplai kebutuhan energi listrik Jawa dan Bali.

Aku berkesempatan mengunjungi wilayah ini selesai lulus kuliah dan masih jadi pengangguran. Daripada lontang-lantung ga jelas dan selalu bangun siang.. akhirnya tawaran dari seorang kakak kelas untuk jadi field assistant kuembat juga. Lumayan nambah pengalaman lapang dah..

Untuk menuju Saguling, kami (aku dan 2 orang temanku) berhenti di Rajamandala, sebuah desa yang berbatasan dengan Cianjur. Dari pasar Rajamadala, banyak ojek yang tersedia untuk mengantarkan kami hingga ke Saguling. Pada waktu itu,ongkos yang kami bayarkan Rp 5000,00 . Harga yang lumayan pada zaman sekarang untuk perjalanan yang hampir 15 km panjangnya.

Sebelum sampai di Saguling, kami melewati sebuah perkebunan kakao yang diusahakan oleh PTPN. Hmmm, saat itu adalah pengalaman pertama kalinya merasakan buah kakao segar, langsung dari pohonnya. Buah kakao saat muda berwarna hijau, kemudian berubah menguning dan memerah saat telah matang. Meskipun telah matang, namun ternyata rasanya tetep aseeemmm…wrrrrrrrrrr…

to be continued yah…huehe2..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s