Duk..duk..duk rudat..


Memasuki bulan syafar, maka setiap ba’da isya akan selalu bunyi duk..duk..duk di kosanku. Bunyi apakah itu..?

Itu adalah suara rebana yang mengiringi gerakan tari pemain rudat. Apakah rudat itu..? Rudat adalah kesenian yang dikembangkan komunitas muslim lokal Bali yang tinggal di Candikuning.

Grup rudat terdiri atas sekelompok lelaki dewasa yang berkostum seperti warga melayu. Peci hitam, baju lengan panjang putih dan celana putih, dengan selempang berwarna hitam kuning. Mereka membentuk formasi pasukan, yang kemudian menari dengan iringan rebana. Gerakannya hampir sama seperti senam poco-poco.

Rudat ini biasa dipertunjukkan saat ada warga yang hajatan, dan terutama adalah saat karnaval peringatan Maulid Rasulullah SAW.

Berbeda dengan lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, maka peringatan meriah justru dilakukan saat Maulid Nabi. Ada karnaval yang diikuti oleh anak-anak dari setiap masjid atau musholla. Tak lupa pula pawai diikuti dengan kendaraan hias. Pawai ini dilakukan malam sebelum maulid. Kemudian pada pagi harinya, para warga akan berkumpul di masjid untuk melaksanakan makan bersama.

Tak hanya itu, peringatan maulid nabi juga telah dimulai sejak bulan syafar. Pada hari .., keluarga akan berkumpul dan makan bersama di tempat-tempat wisata. Yang biasa menjadi tempat kunjungan adalah kebun raya dan pemandian air panas angseri. Menu makanan yang mereka santap adalah tipat (istilah lokal untuk ketupat). Sebelumnya, para pemuda-pemudi melakukan kunjungan ziarah ke gunung keramat, yaitu pemakaman di bukit Tapak yang diyakini kesakralannya. Ziarah ini biasa mereka lakukan pada pagi hari, mulai dari subuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s