Bangunan Jadul di Pati..

** maaf tulisan ini akan memperpanjang daftar unfinished writing yang ada dib log ini, sementara, lihatlah dulu foto-fotonya ya.. maaf sekali lagi buat ketidaknyamanan ini..

Pati adalah salah satu kota di utara pulau Jawa. Merujuk pada Pramoedya Ananta Toer dalam bukunya yang berjudul Jalan Raya Pos, Jalan Daendels, maka Pati termasuk dalam salah satu kota yang dilewati jalan protokol penghubung pulau Jawa sejak zaman dahulu.

Dalam buku tersebut, deskripsi Pramoedya tentang Pati tempo dulu adalah sebagai berikut (Pramoedya, 2005 : 96-99)

Masih agak serong ke timurlaut, Jalan Raya Pos sampai ke Pati setelah menempuh 20 km melalui selatan Gunung Muria. Kabupaten ini juga penghasil gula dan terdapat 3 pabrik gula (catatan saya : hanya tinggal 2 yang bertahan). Sebagaimana halnya dengan Kudus, Pati juga penghasil kapok terkemuka di Jawa.

Pati sebagai ibukota Kabupaten mengalami pasang surut. Setelah Jalan Raya Pos sampai ke sini, Daendels memindahkan ibukota karesidenan dari Jepara ke sini, sehingga tempat yang semula tidak berarti menjadi penting. Tetapi setelah Jepara dimasukkan ke dalam Karesidenan Semarang, kota Pati seakan lampu minyak yang kekurangan minyak. Semasa kemerdekaan nasional, kota ini mendapat kehormatan jadi ibukota karesidenan, tetapi semaraknya yang lama tetap tak terpulihkan.

Di zaman sekarang, Jalan Pos tersebut adalah jalan Panglima Sudirman, yang membentang dari perbatasan dari perbatasan kota hingga ke alun-alun dan terus ke timur ke arah Juwana. Di jalan tersebut, berbagai fasilitas pemerintah didirikan. Beberapa di antaranya masih mempertahankan arsitektur lama Eropish, meskipun yang telah direnovasi juga tak kurang banyaknya.

Inilah beberapa di antaranya.

Kantor karesidenan yang berada di seberang SMUN 1 Pati

Kantor karesidenan yang berada di seberang SMUN 1 Pati

SMAN 1 Pati

SMAN 1 Pati

Masjid Raya Baitunnur, di sebelah barat Alun-Alun

Masjid Raya Baitunnur, di sebelah barat Alun-Alun

Kantor KODIM di depan BCA

Kantor KODIM di depan BCA

Selain bangunan-bangunan tersebut, bangunan lain seperti BP4, rumah di sepanjang Jalan Sudirman (barat alun-alun), serta SMPN 1 Pati juga masih mempertahankan kekunoan arsitekturnya. (foto menyusul)

** Keterangan untuk gambar SMA 1 Pati.

Pada mulanya SMA ini didirikan pada tahun 1946 berstatus partikelir (swasta). Pada tanggal 1 Mei 1948 sekolah partikelir tersebut dirombak menjadi sekolah negeri (SMA negeri). Pada tahun-tahun berikutnya saat Belanda melancarkan clashnya, sekolah ini sempat pula mengalami pembubaran (dibubarkan). Namun pada tanggal 1 April 1950 sekolah ini berdiri kembali dengan peranannya sebagai sekolah perjuangan. Kemudian sekitar tahun 1950-1951, sekolah ini kembali menjadi sekolah biasa.

Pembangunan Gedung SMA Negeri Pati dengan 2 lantai ini dimulai pada tahun 1952, dan selesai pada tahun 1957. Pada tahun 1991 SMA Negeri Pati berganti nama dengan tambahan angka 1 menjadi SMA Negeri 1 Pati ( http://web.smansapati.com/sejarah)

23 thoughts on “Bangunan Jadul di Pati..

    • wakakak, sorry buat adek2 di atas.. aku cuma ngadirin gambarnya aja lho ya.. ga tahu ma update sma 1 sekarang. hahaha.. tetep smangaD aja, perjalanan kalian masih panjang.. 😀

  1. aku lulus muria thn 1999………tp oj lali…jaman semono aku ijih jeblosan smu 1 N PATI lho.maklum ijih gabung.salut buat kamu………salam.

  2. Aku dulu sekolah di SMP 1 Pati, SMA 1 Pati…rasanya seneng banget sekolah disana, secara aku pengagum arsitektur bangunan kuno sih….hehehe

    Salam kenal mbak Dewi….

  3. para alumni smansapa lg do ngumpul setiap angkatan… aku lulusan smansapa tahun 95 lan alumni smp negeri 2 pati tahun 92…. seneng banget ndeleng foto gedung smansapa… jadi kangen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s