Children of Huangshi

Film ini, lagi-lagi kudapatkan dari seorang teman. Dia dan temanku yang lain menjadikan film ini menjadi bahan praktikum. Mengapa ? Karena film ini memang memberikan banyak inspirasi. Banyak yang bisa kita pelajari darinya.

Kalau dari versi bajakannya, (maaf) ada 2 judul yang beredar, Children of Huangshi dan Escape from Huangshi. Apakah isinya berbeda ? Dari info teman dan observasiku, sama aja tuh.. Pemainnya Jonathan Rhys Meyers (salah 1 pemeran August Rush), Chow Yun Fat, Rahda Mitchell, n Michelle Yeoh. Pribadi, aku si lebih memilih judul yang Escape from Huangshi.. Lebih mewakili apa yang diceritakan.

Film ini menceritakan tentang pengalaman nyata seorang wartawan inggris yang meliput aneksasi Jepang ke China. Apa yang dilihatnya di China, membuatnya shock dan membuka cakrawala barunya tentang kemanusiaan.

Kematian yang hampir dialaminya akhirnya membawanya tuk berjumpa dengan sekelompok anak yatim piatu di sebuah panti asuhan di kota Huangshi. Tak ada yang mengurus mereka kecuali seorang nenek yang memasak untuk mereka dan perawat dari barat (inggris/usa) yang sesekali datang membawakan suplai pangan, dan obat-obatan. Wanita inilah yang kemudian menempatkan Hoke, panggilan China bagi wartawan tersebut, untuk tetap berada di panti asuhan tersebut. Hoke semula menolaknya. Namun akhirnya dia bertahan.

Dia mengajar dan belajar bersama anak-anak panti tersebut. Anak-anak yang tadinya tidak acuh, apatis dan trauma terhadap perang akhirnya perlahan-lahan bangkit, keceriaan kanak-kanak mereka pun muncul kembali.

Bukan hal yang mudah bagi Hoke untuk melakukannya. Berbagai penentangan, terutama dari anak yang lebih besar pun sering dihadapinya. Belum lagi hambatan komunikasi di antara mereka. Yang konsisten dilakukannya adalah memulainya sendiri, memberikan teladan, dan memulainya dari kebutuhan yang mendasar. Hal inilah yang kemudian membuat anak-anak tersebut mulai menerima kehadirannya.

Sementara itu, di luar sana, peperangan semakin meluas dan hampir mencapai kota mereka. Rumah mereka pun didatangi tentara nasional China yang ingin merekrut anak-anak tersebut menjadi milisi. Hal ini tentu meresahkan Hoke dan teman-temannya. Terinspirasi dari sebuah buku yang berjudul Silky Road, akhirnya mereka merencanakan sebuah pelarian dengan mengikuti jalur tersebut.

Melewati jalur yang sangat panjang dan berat, dari musim ke musim, adalah tantangan mereka selanjutnya.. Apakah mereka berhasil melaluinya ? Selamat menonton.. 🙂

2 thoughts on “Children of Huangshi

  1. sinopsis yang bagus dan menggambarkan film yang keren.
    tapi vcdku lagi rusak 😐
    sementara masih puasa nonton dulu meskipun sudah beberapa keping vcd yang antri nunggu diputar. 😀
    salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s