Diskusi yang Menghangatkan Pagi

Pagi ini cukup hangat bagiku.. kok gitu.. padahal suhunya 14 derajat lho.. Yah karena dibuka dengan diskusi panas dengan seorang teman, heheh, Lho kok tumben.. Iya nih, ga tahu mengapa, tiba-tiba jadi kepengen serius.. yah emang biasanya bagaimana..heheh

Begini mulanya. Tadi pagi aku membaca berita di detik.com, kompas.com dan bbc yang mempublikasikan hasil penelitian, seingatku sih penelitian di usa, yang menyatakan bahwa facebook merupakan jejaring sosial yang cukup mencerdaskan otak, namun tidak demikian dengan twitter dan you tube (ditulis ulang dengan terjemahan bebas). Mengingat aku adalah pemula di facebook (yang sering dilakukan hanya berganti status dan mostly di antaranya ga penting semua.. heheh) dan hanya membuka twitter dan youtube sesekali dan gitu-gitu doang, akhirnya aku menyapa seorang teman yang selama ini kekeuh surekeuh mengenalkan tiga jaringan sosial tersebut kepadaku.

Sebenarnya, alasanku mengajak teman tersebut untuk mendiskusikan mengapa hasilnya demikian ya.. apa si sebenarnya kelebihan facebook.. dibandingkan jejaring sosial yang lain. Jadi, sebenarnya awalnya obrolan kami pagi ini sebenarnya kuarahkan untuk netral, mencoba memahami penelitian tersebut dari sisi luar, bukan sebagai fans of masing-masing jejaring. Dan kira-kira apa dampak penelitian tersebut bagi pengguna dan pengembang jaringan.

Seingatku (sebenarnya ingatan adalah bukan sesuatu yang bisa diandalkan dariku, mengingat kepikunan akut yang kuderita), diskusi kubuka dengan pertanyaan mengapa hasil penelitiannya seperti itu ya, apakah karena di facebook kita ditantang menciptakan status yang bisa mengundang banyak komen dan memberikan komentar yang khas bagi status orang lain ya, sementara di twitter dan youtube kita hanya mendapat sajian produk jadi. Dasar pemikiranku adalah dengan mencoba menganalogikannya produk youtube dan twitter dengan video games yang sudah terlebih dahulu dicap sebagai pemasif (maksudnya membuat pasif) otak. Kemudian teman pun langsung menyanggah, ga kayak gitu.. di twitter banyak ko forum-forum yang mengajak kita membuka wawasan, saling bertukar ide, dst..

Asyik, akhirnya diskusi pun makin memanas. Namun arahnya jadi tidak karuan. Pada akhirnya, aku memposisikan diri sebagai fans of facebook, sementara dia memposisikan dirinya sebagai fans of twitter dan youtube. Nah lho, kalo yang begini mah ga ada selesainya.. masing-masing akan terus menunjukkan kelebihan dari pilihannya masing-masing. Dan memang itulah yang terjadi. Padahal tujuan awalnya kan pengen mencoba memahami, kenapa ya hasil penelitiannya bisa mengunggulkan facebook dibandingkan dua jejaring yang lain.. bukan menilai apakah kita sepakat atau tidak sepakat dari hasil penelitian tersebut.

Bodohnya, bahkan olehku sendiri, tiba-tiba diskusi kubelokkan ke blogging vs jejaring sosial.. Jiahhhh, makin ancurlah tuh obrolan.. Yah, gimana si Wi’.. Tampaknya dirimu memang ga cocok jadi moderator.. hahah.. Obrolannya jadi melenceng tidak karuan.. tidak ada hasil pula, selain sekedar tahu, oh, ini tho alasanku berblog.. dan oh ini tho alasannya berforum… Alah-alah.. ko jadi kayak acara yang paling tidak kusenangi di salah satu teve swasta si.. debat kusir..! Dewi, u are so incapable !!

Tapi meskipun demikian, karena aku kan sudah lama jarang mikir, ternyata asik juga membuka hari dengan wacana yang cukup memeras otak. Bikin pagi lebih hangat.. Hehehe, thank you Nyie.. besok kita akan diskusi apa lagi ni..(jiah, nantangin, kayak mampu aja si Wi’.. heheheh). Dan yang jelas, diskusi ini juga bikin aku semangat buat ngisi blog lagi, meski melenceng dari niat pertama yang ingin bertutur tentang wayang. Halah, kapan si Wi.. ga pernah melenceng.. heheh.

Baidewei, ni tulisan yang akan mengawali seri kekonyolan dan kebodohan yang sering sekali kulakukan dalam hidup. Pentingkah..? Ga si.. Tapi memang hampir isi blog ini jga ga penting smua kan..Heheh..

7 thoughts on “Diskusi yang Menghangatkan Pagi

  1. Kokoooommm…
    woi.. woi..
    beneran dah terbukti loe cucok jadi komTi.. rajiiinnn beneeerrrr.. manTaaabbb…

    Tapi kom,, diriquw mau sedikit ngasih tambahan.. (tapi lo jangan langsung ngajak diskusi yeee, cos masih jam kerja.. hahaha..)

    Basically, gw sangat menikmati dan merasakan banyak manfaat dari facebook, twitter, utube, blog, web untuk tujuan yang berbeda-beda (walopun masing2 ada kekurangan, kembali pada sang pengguna)..

    So dalam sisi pandang gw, argumen yang gw berikan di pagi hari yang indah kemaren ituw, mencoba memberikan perspektif positif dari beberapa social network dan forum diskusi yang menurut beberapa orang lebih kental aspek negatifnya..

    dan bukan menyatakan klo facebook or kegiatan blogger ituw gak bagus or gak manfaat.. cos me, myself ngerasain banget berguna nya 2 sara yang sangat digandrungi orang ituw.. justru gw lebih melihat semua memiliki sisi positif masing-masing (termasuk twitter, utube, forum diskusi, dsb).. makanya aquw ingin menyampaikan sisi positifnya, yang belum diketahui orang banyak..

    but just like I’ve said, semua memang ada sisi negatifnya, yang klo menurut gw kembali ke sang pengguna, harus bisa mengontrol jangan sampe kecanduan or mau “dijajah” (kata teman loe di atas).. hohohoho..

    back to work..

    xoxo
    Agnie

    p.s. chiayo kom for ur blog..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s