Mbah yang Istiqomah

An Nuur, mungkin bukan masjid pertama yang ingin kutuju ketika berada di Denpasar. Namun di sana ada sosok yang selalu ingin kutemui.

Aku tak tahu siapa namanya. Namun nenek itu selalu standby di ruangan berukuran 3×3 m itu. Dia biasanya kulihat sedang melipat mukena yang habis dipakai pengunjung. Atau melayani kami yang akan shalat, dengan menunjukkan mana mukena bersih yg bisa digunakan.

Di lain waktu, dia terlihat memijat gratis jamaah perempuan yang rutin shalat di masjid tersebut. Dia pun mengajak mengobrol para jamaah, termasuk aku. Menanyakan dari mana kami berasal, bekerja di mana, dan seterusnya, dengan logat Jawanya yang medok.

Dia pun pernah menawarkan pijitannya padaku, setelah tahu aku bersepeda motor dari Bedugul yang berjarak 70 km. Namun tak tega aku membiarkan tangannya yang ringkih memijiti tanganku yang sebenarnya memang pegal itu. Jika tak ada jamaah berkunjung, maka dia pun duduk di salah satu sudut, terus berdzikir.

Aku salut dengan dedikasi nenek itu untuk Allah. Dia meluangkan sebagian besar waktunya di masjid, berdzikir dan melayani para jemaah putri dengan senyum, keramahan dan keikhlasan. Memperlakukan kami layaknya anaknya sendiri, penuh kasih sayang.

Sudah berbulan-bulan aku tak melihatnya lagi. Kupikir dia sakit, pulang ke Jawa atau mungkin sudah meninggal. Namun, kemarin saat mampir ke An Nuur lagi, kulihat dia ada di sudut itu, sedang bercengkrama dengan Allah melalui dzikirnya. Mukanya tampak jauh berkeriput dari sebelumnya. Duduknya sudah begitu membungkuk.

Kudekati dia. Namun karena dia terlihat begitu intens dzikir, aku pun tak berani menyapanya, seperti yang biasanya kulakukan.

Mbah, aku senang bisa melihatmu lagi. Semoga, keistikomahanmu tuk meluangkan sebagian besar waktumu di jalan Allah bisa jadi salah satu inspirasiku.

Slalu Smangad Mbah..

– Denpasar, setelah mudik lebaran 1430 H-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s