Bukuku.. cintaku..

Aku sejak kecil telah mencintai baca. Membaca apa pun. Aku sendiri tak tahu siapa yang mengenalkan kebiasaan ini, karena di rumahku tampaknya hanya aku yang keranjingan buku. Namun, tak dapat dipungkiri, jika tak ada fasilitas dari bapak-ibuku, tentu aku tak bisa menginternalkan kebiasaan ini dalam kehidupanku.

Dulu, bapak dan ibuku berlangganan berbagai koran dan majalah wanita Kartini. Bapakku pun secara rutin meminjamkan majalah anak-anak Belia dan Ceria dari sekolah tempat mengajarnya. Jauh sebelumnya, saat TK kuingat, akulah yang paling rajin membersihkan ruangan di rumah buyutku untuk mendapatkan majalah kuncung, entah dari peninggalan siapa. Aku pun rajin mendatangi teman yang berlangganan bobo dan majalah ananda, untuk sekedar numpang baca. Maklum, saat itu harga keduanya relatif mahal, jadi aku tak bisa memaksa ayah dan ibuku membelikannya. Untungnya, terkadang saudaraku yang tahu kegilaan bacaku pun menyisihkan dananya untuk membelikanku bendel majalah bobo.

Usia berlanjut, bacaanku semakin beragam. Apalagi, di rumah mbahku ada lemari yang menjadi kumpulan materi dan buku-buku kuliah om dan bulikku. Maka, berbagai ilmu pun kuserap, meski bukan pada usia yang pantas untuk menyerapnya. Banyak buku sosial dan filsafat yang kubaca, karena om dan bulikku ada yang yang kuliah di fisipol ugm. Berbagai buku karangan Umar Kayam, Burung Manyar-nya Romo Mangun, dll pun sempat kunikmati. Bahkan buku-buku berbahasa Inggris dari Australi yang menceritakan kronologis pencaplokan Timtim oleh Indonesia pun kuhabiskan pula.

Tiada waktu tanpa buku dan bacaan. Bahkan saat di kamar mandi, terutama saat buang besar pun aku akan berbekal bacaan. Entah buku yang tebal, atau sekedar sobekan koran. Meskipun sudah kebelet, jika belum membawa bacaan, maka aku masih menyempatkan muter dulu untuk mencarinya. Kebiasaan yang aneh mungkin bagi sebagian orang. Ketika ngekos bareng dengan banyak teman, keanehan ini pun jadi perhatian mereka dan membuat olokan Miss Bukus, Miss buku di kakus. 😀

Tinggalkan Balasan

