Mengapa Tayub Lenyap dari Pati Bumi Mina Tani..?

*ini adalah sebuah pertanyaan yang terlontar pada sebuah postingan tentang Tayub di kompasiana (menggerutu: Ah..keduluan lagi, padahal tadinya pengen copas tulisanku di sini yang berjudul “tayub di manakah kau kini” di kompasiana..grrhgg, telat terus..)

Tayub, gambar copas dari google

As we know, tayub adalah salah satu kesenian tradisional Pati. So, ga perlu takjelasin lah ya, tayub tu apa.. (nek tetep ora ‘dong’ ya jan kebangeten tenan..).

Dulu, ketika masih zaman SD or SMP, banyak banget orang nikahan yang ‘nanggap’ tayub. Terkadang tak perlu momen seperti itu, ada pula kelompok tayub yang ngamen, dari satu tempat ke tempat yang laen menanti tanggapan.

Tapi kok sekarang tiba-tiba melenyap ya. Jarang ada tayub yang dipertunjukkan secara visual. Ada juga secara audio karena kebetulan masih ada radio Pati yang rutin menyiarkan tayub setiap siang, seperti pragola fm atau harbos fm.

Mengapa ko tiba-tiba menghilang ya ?

Bukannya sok tahu, tapi jadi mikir juga aku.. Selain karena tergerus arus budaya modern, semacam karaoke atau aliran baru semacam campur sari, adakah alasan lain mengapa tayub tiba-tiba melenyap ?

Sejauh ini, yang baru terpikir adalah :
1. Sepengetahuanku, kelompok kesenian tayub banyak lahir di Pati bagian selatan dan sekitar Juana. Di wilayah ini, terutama di Pati selatan, pemuda-pemudinya banyak yang tertarik untuk boro ke luar daerah, ke Jakarta, ke Sumatera atau bahkan ke luar negeri. Bisa jadi, regenerasi kelompok tayub terhenti karena ini.

2. Tak bisa dipungkiri, dalam prakteknya selama ini, tayub identik dengan mabuk dan tindakan asusila lain. Misalnya saat nyawer, si penyawer pun tak segan-segan mencium atau menjamah ledheknya. Bisa jadi, hal ini dianggap melanggar norma agama dan mendorong munculnya larangan untuk menonton/nayub. Selain itu, fenomena ini juga membuat ibu-ibu tak mengizinkan bapak-bapaknya untuk menayub karena takut bapaknya kepincut ledhek. Animo yang berkurang inilah yang secara bertahap melenyapkan tayub.

Itu baru pemikiranku lho ya.. Sangat besar kemungkinan salahnya.. Kalau menurutmu bagaimana ? Apa yang membuat tayub melenyap dari Pati Bumi Mina Tani, kota 1000 karaoke..?

3 thoughts on “Mengapa Tayub Lenyap dari Pati Bumi Mina Tani..?

  1. betul,,
    bagaimana tayub bisa leyap dari kota kelahiranku(pati)???
    ter akhir aku melihat tayub saat aku belum TK terus aku nggak lihat lagi dipati,,
    seharus ya para pemuda pemudi harus meles tarikan budaya daerahnya,,
    SETUJU????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s