Cah Kangkung Sasha

“Mbak, ntar kalo rindu alam nganterin cah kangkung pesenanku, tolong diterima ya.. Aku mo sholat dulu..” ujar temen kontrakanku. “Wokee..” jawabku, sambil memencet remote teve ke channel yang menayangkan “The Great Queen Seondeok”.

Tak lama kemudian, “Mbak Dewi.. Mbak Dewi” terdengar suara panggilan dari luar pagar. Segera keluar dan menjawab “iya, sebentar..” “Ga bisa masuk, susah buka kuncinya..” celoteh Sasha, Salshabila, yang berumur dua tahun itu.

Di sebelah Sasha berdiri kakaknya dengan mengulurkan bungkusan cah kangkung. Tentu saja segera kuterima. Tiba-tiba, “huaaa.. Biar aku saja yang ngasih..” seru Salsha sambil menangis. What, kok jadi nangis si.. Ternyata tugas memberikan cah kangkung itu berarti sangat penting bagi Salsha. So, bungkusan cah kangkung itu pun kuberikan kembali pada Sasha. Dia langsung tersenyum dan mengulurkan kembali bungkusan itu, “Mbak Dewi, ini cah kangkungnya..”. Tersenyum dan kubilang “Makasih Sasha..” Dia pun segera berlari pulang diikuti kakaknya.

Bungkusan cah kangkung kubawa masuk dan langsung berpikir. Pada usia segitu, permintaan tolong dari ayah-ibu membuat anak-anak merasa dihargai. Karenanya, mereka begitu berdedikasi melakukannya, ga terima jika tugas itu dilakukan orang lain. Sedangkan pada usia remaja, terkadang permintaan dari ortu kita anggap sebagai pengusik waktu luang kita. Parahnya, saat dewasa, kadang permintaan ortu kita abaikan begitu saja saking banyaknya kesibukan kita.

Hmmm, ungkapan bahwa bayi dan anak kecil matanya lebih jernih karena belum ada dosa mungkin memang benar adanya.

*refleksi buat diri sendiri di sore ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s