Ternyata Selama ini Aku Telat Mikir..

Hahaha, merasa tercerahkan dengan pertanyaan seorang teman kemarin. Simpel, tapi aku ga tahu jawabannya, bahkan untuk pertanyaan yang sesederhana itu. Apa yang ditanyakan adalah logika terkait dengan kepercayaan terhadap agama.

Deg.. sesaat terdiam dan berpikir. Banyak aturan yang menyertai umat agama kami. Selama ini kami hanya menerimanya saja, tanpa pernah mempertanyakannya, kenapa mesti begitu, kenapa mesti begini ya.. Kami hanya dininabobokan dogma. Kami hanya menerima tanpa melibatkan proses membaca dan berpikir tentangnya. Padahal wahyu yang pertama turun dalam agama kami adalah “Bacalah”. Wahyu tersebut adalah bekal kita untuk berkembang jadi umat yang sejahtera lahir batin, dunia dan akherat. Namun sayangnya, wahyu itu baru kami tahu, kami sadari, kami hafalkan namun minim kami amalkan. Membaca di sana hanya kami elaborasikan sebagai membaca, tanpa melibatkan berpikir, mengaitkannya dengan berbagai hal yang ada dan terjadi di keseharian kami. Hanya dimaknai tekstual namun tidak kontekstual.

Bagi umat lain, banyak peraturan tersebut justru mereka pertanyakan. Banyak dari mereka yang kemudian mengadakan penelitian karena ingin mencari tahu mengapa begini/begitu, benarkah itu/ini. Hal yang menyedihkan. Harus marahkah kita.. ya enggaklah, harusnya justru tersadarkan !! Harusnya kitalah yang menjawab tantangan itu, bukan mereka. Seandainya mereka yang berhasil, haruskah kita ingkari hanya karena alasan mereka bukanlah bagian dari kita ?? Menurutku si nggak, kita harus fair, kita patut berterima kasih pada mereka.

Pertanyaan teman tersebut juga menyadarkanku betapa masih banyak yang harus kupelajari dan kupahami dari keyakinanku. Tak heran jika kemudian lahir ungkapan bahwa proses belajar akan terus terjadi dari masa kita lahir hingga masuk ke liang kubur. I’m sure about it.. !

Tentu saja semuanya harus berujung pada semakin menguatnya keyakinan dan semakin bijaknya aku.

Hmmm, memang masih banyak yang harus kupelajari dan kupersiapkan sebelum aku diberi amanah untuk me-rise up makhluk kecil di generasi yang akan datang. Harus tetap bersemangat sebelum masa itu tiba. Recharge myself with more and more knowledges and experiences karena waktu terus mengejar. Jangan sampai mengalami kerugian lagi.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s