Yang Pola Tidurnya Ngaco (kaya aQ..) Perbaiki yuks.. :)

Kompilasi dari berbagai sumber, dari berbagai penelitian.

Sesuatu yang berlebihan atau kekurangan adalah tidak baik.

Hal ini juga berlaku untuk istirahat atau tidur. Istirahat berlebihan dapat melemahkan fisik dan jiwa serta menggumpalkan energi (chi) tubuh. Akibatnya, sari makanan tidak terserap dgn baik dan peredaran darah melambat sehingga dapat menyebabkan gangguan pd jantung dan otak.

Tidur terlalu lama dapat mengentalkan darah dan menimbulkan resiko serangan jantung maupun stroke. Sedangkan terlambat tidur akan mengganggu revitalisasi organ tertentu yang biasanya terjadi pada jam tertentu.

Sebaliknya, kurang tidur akan beresiko mengganggu keseimbangan hormon kortisol dan serotonin. Hormon kortisol yang tidak terkendali akan meningkatkan resiko dibetes. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6,5 jam per hari, kadar gula darahnya meninggi, nafsu makan meningkat, sehingga berat badannya relatif lebih gemuk. Sedangkan kekurangan hormon serotonin dapat menyebabkan depresi. Sementara kelebihan serotonin dpt menyebabkan kegembiraan tak terkendali sehingga beresiko penyakit jantung dan ancaman serangan jantung.

Waktu tidur yang dianjurkan adalah tidur setelah isya: dua jam setelah makan malam dan bangun menjelang fajar untuk shalat tahajud hingga subuh. Setelah subuh jangan tidur. Waktu tidur yang ideal dalam sehari adalah 6,5 jam.

Posisi tidur yang baik adalah miring ke kanan dan tangan kanan mengganjal kepala. Posisi tidur yg miring ke kiri dikhawatirkan akan menimbulkan penekanan lambung sehingga dapat mengganggu pencernaan, menekan jantung sehingga mempengaruhi kemampuan kerja jantung serta mengganggu irama dan kemampuan memompanya.

Belum terlambat untuk mulai memperbaiki diri kan.. Yuuuk..

-Have a nice sleep-
๐Ÿ™‚

3 thoughts on “Yang Pola Tidurnya Ngaco (kaya aQ..) Perbaiki yuks.. :)

    • wahahaha, alhamdulillah deh mb.. kalo berguna juga infonya..huehehe..
      mbak Yani jadwal tidurnya baru berantakan sekarang.. wah, manstab.. kalo aQ mah udah dari SD mpe sekarang blom sembuh2 ni mbak..hiks hiks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s