beda..tapi ga penting

Perkembangan teknologi mempermudah kita mengakses informasi dengan cepatnya. Namun sayangnya, meski bisa diakses dengan cepat, ko beritanya seragam ya.. Apa yang ditampilkan media online internet dengan apa yang ditampilkan di media elektronik sama. Kemarin berita tentang blokade Rachel corrie. Hampir semua televisi menayangkan sumber berita yang sama, narasi beritanya pun nyaris tak beda.

Sebelnya, ketika berita di mainstream media hampir seragam dan beralih ke fb, lho, status-status yang beredar di fb ko membahas hal yang sama ya. Begitu pula dengan tweet dan blog.

Ah, kenapa begitu ya.. bukannya ketika teknologi berkembang, maka harusnya informasi yang disajikan lebih beragam ? “Halah, gayamu Wi..Wi.. kayak dah bisa nampilin informasi yg beda aja..”(menowel kepala..). Lho, emang beda kan.. “Iya, tapi ga penting..!”šŸ™‚

2 thoughts on “beda..tapi ga penting

  1. Well, kadang-kadang aku nulis buat blogku, sesuatu yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan di media. Istilahnya, trending topics lah.

    Memang akan ada resiko bahwa orang yang membaca akan jenuh coz dia sudah membaca berita yang sama di media-media lain. Maka aku mengakalinya, aku menulisnya dengan gayaku sendiri. Misalnya sekarang topik yang lagi booming adalah penyerangan Israel ke misi perdamaian Palestina, maka aku menulis tentang latar belakang bangsa Yahudi yang mendasari sikap permusuhan Israel itu. Atau ketika topik yang lagi booming waktu itu adalah kerusuhan Koja antara Satpol PP vs rakyat Tanjung Priok, maka aku menulis tentang istri-istri anggota Satpol PP yang dipaksa jadi janda.

    Bagaimana blog kita menulis, sangat tergantung pada sudut pandang kita. Bagaimana kita kasih perspektif yang beda, sehingga bikin tulisan kita penting. Kalau perspektif kita sama aja dengan perspektif orang lain, ya tulisan kita akan jadi sama aja seperti tulisan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s