Mengapa Harus Pakai Cincin..?

Mengapa istri menyuruh suaminya untuk memakai cincin nikah..? Apa sih pentingnya cincin nikah..? Kan di agama (Islam) cowok ga boleh pakai emas.. Demikian pertanyaan yang diujukan sahabatku kemarin sore. Wahaha, kan aku belum nikah, jadi ngapain ditanyain ke aku ya.. Hehehe, tapi kupikir itu juga patut kupikirkan si, kira-kira aku nanti akan menyuruh suamiku untuk pakai cincin atau tidak.

Karena belum mengalaminya, maka kurang lebihnya rencanaku adalah seperti ini. Kutanya dulu calon suamiku, dia mau memakai cincin nikah ga.. sebelum kami nikah. Seandainya dia memilih tidak memakai dengan berbagai alasan, ya kuhormati saja. Apalagi jika alasannya syar’ie, sebagai calon makmum baginya tentunya aku manut. Ples bersyukur, berarti calon suamiku cukup kapabel tuk jadi imam menuju surga ni dan aku ga boleh membujuknya untuk melanggar aturan itu (eh, ko tiba-tiba jadi keingat kasus Adam Hawa yang terlempar dari surga karena rayuan hawa ya..). hehehe Trus bersyukurnya yang kedua, berarti cukup satu cincin yang kami siapkan saat pernikahan, hehehe, jadi lebih ngirit deh.. πŸ˜‰

Kalo ditanya apakah itu berarti kita ga takut kehilangan suami ? Lho, emang ada hubungannya ya.. Ya, kan kalo suami ga make cincin, ntar disangkain masih single, trus dia bakal ngelaba deh.. Hehehe, takpikir soal kesetiaan yang dibangun dalam pernikahan tu ga bisa dinilai dari adanya cincin atau ga.. Ga ada yang bisa menjamin kan ketika di depan kita dia memakai cincinnya dan kemudian saat ga bersama kita dia akan tetap memakainya (kalo dari awal sebenarnya dia memang sudah enggan memakainya). Malah kemungkinan hilangnya akan besar kan, karena kadang dipakai, kadang dilepas.

Huuu, kalo yang make istri doank, berarti pasangan itu ga romantis dunk.. heheheh, masa si keromantisan dinilai dari kesamaan memakai cincin nikah doank..

Kan cincin tu investasi juga tau, jadi kalo bisa ya beli dua.. buat suami buat istri. Daripada dibelanjakan ga karuan, ya mending dibeliin cincin emas kan. Bisa dijual kapan-kapan kalo kita butuh.. Lo katanya itu simbol sakral, kok malah mau dijual..?

Hehehe, entahlah bagaimana pendapat Anda, tapi bagiku, memakai cincin atau tidak bukan masalah yang besar sehingga bisa jadi pemicu pertengkaran bagi pasanganyang akan menikah (kasus beberapa temanku). Bagiku, it’s just a symbol.. not an obligation.. Buktinya banyak juga tu yang nikah tanpa cincin dan ternyata pernikahannya langgeng. Jadi yang penting adalah komitmen yang kita bangun bersama pasangan. Cepat selesaikan masalah cincin dan mulai pikirkan detil persiapan nikah yang lain. Jiahhhh, aku kayak konsultan pernikahan banget ga si.. Padahal nikah juga belum ! πŸ™‚

Btw, kalo menurut Anda bagaimana..?

Sumber gambar di sini

Iklan

9 thoughts on “Mengapa Harus Pakai Cincin..?

  1. Buktinya aku, ga pake cincin dgn alasan begitulah. Anakku 2 dan sementara udah 6 bln pisah dulu kenyataannya tetap langgeng InsyaAllah. Tergantung priobadinyalah.

  2. Untuk membentuk keluarga sakinah tidak tergantung pada sebuah cincin, tergantung pada kedua insan tersebut dalam menjalin hubungan, dan tentunya tunduk pada syar’i….

    Salam Kenal….

  3. Suamiku juga ga pake cincin tuh… Alhamdulillah langgeng2 aja. Kadang-kadang berantem juga tapi lebih banyak akurnya. Tapi tetep beli cincin 2, lumayan buat investasi hehehe :).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s