Sedikit Mengenal Dalai Lama

Melihat tayangan Face to Face Deasy Anwar – Dalai Lama di metro tv yang ditayang kembali hari Minggu kemarin ? Keren ya.. ๐Ÿ™‚ Inilah kali pertama aku mengenal fisik Dalai Lama. Bahkan ini adalah kali pertama aku mengenal ide-idenya. Selama ini kan cuma tahu selentingan saja, bahwa ia adalah pemimpin spiritual Tibet yang diasingkan dan dianggap musuh oleh pemerintah Tiongkok. Kunjungan seorang tokoh dunia kepadanya pasti akan ditanggapi negatif oleh pemerintah Tiongkok dan akan mempengaruhi hubungan bilateral Tiongkok dan negara itu selanjutnya.

Awalnya, surprised ! Ternyata dia masih terlihat sangat muda ya, meski pun usianya hampir 75 tahun. ManstaB..! Terlepas dari fisiknya yang sudah mulai bongkok, namun wajahnya tampak begitu segar. Kecerdasannya tercermin sekali dari cara mengobrolnya dengan Deasy yang tampak begitu nervous (menurutku si.. Tapi nervous adalah hal yang wajar terjadi, mengingat tokoh yang ditemuinya adalah tokoh yang cukup inspirasional).

Obrolan yang cukup inspiratif. Obrolan itulah yang membuatku mulai sedikit memahami, mengapa banyak orang yang mengaguminya dan mengapa banyak tokoh dunia meluangkan waktu untuk bertemu dengannya. Dan menimbulkan tanya pada hatiku, mengapa pemerintah Tiongkok begitu membencinya dan menganggapnya musuh.

Meskipun baru mengenalnya melalui obrolan itu, kupikir ada banyak hal yang bisa kusepakati dari perkataan Dalai Lama, bahwa kita terlalu direpotkan oleh perbedaan agama, kepentingan, negara, suku, golongan (yang menurutnya berada pada level ke-2) sehingga melupakan level pertamanya, yaitu persamaan kita sebagai sesama manusia yang berbagi tempat hidup yang sama, dunia. Cukup inspiratif, mengingatkan kembali hal-hal yang selama ini sering terlupa (olehku).

Mungkin jika kita (manusia Indonesia) bisa memahami ide yang sebetulnya juga sudah kita tahu itu, kehidupan kita bisa lebih harmonis. Sehingga akan jarang ada tawuran antar warga yang terliput oleh media massa. Jenuh bow.. (gemes dengan tawuran warga di beberapa daerah karena membela tim Piala Dunia yang beda.. hello, suporter di negara asalnya aja pada tertib-tertib aja tuh.. kenapa kita yang bukan apa-apanya jadi rusuh.. dapat imbas dari uang bermilyar-milyar sebagai hadiahnya juga enggak kok.. ngapain musti berlempar-lemparan batu, saling rusak dan saling serang.. please STOP VIOLENCE)

Yang mau menyimak kembali apa isi wawancara tersebut, bisa diklik di sini.

Sumber gambar di sini

Iklan

2 thoughts on “Sedikit Mengenal Dalai Lama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s