Harga Pas, Anda Puas, Pedagang Kecil pun Tewas..

Harga pas, anda puas dan pedagang kecil pun tewas. Demikian selorohan seorang dosen pada kuliah. Saat itu beliau membahas fenomena maraknya franchise minimarket semacam a*f* mart, I*d*maret, dst.

Hal yang sama juga sempat terlintas di pikiranku ketika pulang ke rumah dan mendapat dua minimarket itu sudah menghiasi jalan menuju desaku. Tak hanya di desaku, at least dua merk itu selalu bisa dijumpai di setiap kecamatan. Dan kalo dilihat, pelataran parkirnya ga pernah sepi.

Bagi kami yang biasa tinggal di desa, belanja di mini market seperti itu seolah-olah jadi prestise tersendiri. “Lha yo tho, minimarket yang hanya bisa dijumpai di kota kini sudah ada di desa. Jadi akan membanggakan kalo kita juga berbelanja di sana. Apalagi barangnya ditata terbuka, kita bisa milih sendiri, truz harganya juga lebih murah kalo dibandingkan warung-warung biasa..Tempatnya juga bersih, bagus, kadang adem..” demikian kata Mak Jah tetanggaku.

Hmmm, kalo begini.. pedagang kecil yang bermodal pas-pasan bisa bener-bener tewas. Kalo mau menyaingi bentuk mini market, jelas mereka tak ada modal, karena biasanya hanya nyempil di bagian depan rumah. Kalo mo ngasih harga lebih murah, “Waduh, gimana caranya.. lha wong saya aja kulakannya dari tangan ke sekian” tutur mbak Jem. Hmm, smoga mereka tak berputus asa karena dibandingkan mini market tersebut mereka punya kelebihan. Satu bisa diutang dan dua, tidak menggunakan permen sebagai uang kembalian. 🙂

 

Sumber gambar  di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s