Parade Film Pendek: The Last Farm, Plastic Bag dan Sign

Karena sekarang tinggal di kosan rada mewah yang menyediakan LAN speedy selama 21 jam sehari, jadi mulai kecanduan deh download video klip dan film-film dari youtube. Bukan film durasi panjang (karena bakalan rugi banget donlot film panjang yang tersedia cuma dalam versi FLV). Dijamin nontonnya mesti beberapa meter dari screen lepi supaya gambarnya bisa jelas. Karena alasan itulah aku lebih memilih donlot film pendek.

Pertama, memasukkan kata kunci short movie festival, biar lebih mudah seleksinya. Biasanya kan film-film yang masuk festival gini udah lumayan bagus kualitasnya. Taraaa… Wah, ternyata ada banyak ya.. Pilih dipilih, akhirnya ngeklik The Last Farm dan Plastic Bag. Wah, ternyata pilihanku tidak salah. Filmnya baguuss.. yang The Last Farm malah bikin mewek.

The Last Farm menceritakan seorang bapak renta yang hidup di sebuah lembah yang terpencil (entah kota apa, lupa). Dia tinggal di satu-satunya rumah yang tersisa di lembah itu.

Adegan awal film memperlihatkan si bapak yang tampak sibuk melakukan kegiatan fisik. Di tengah-tengah kesibukan, dia ditelpon anaknya. Si anak mengingatkannya bahwa mereka (anak dan cucunya) akan menjemput si bapak  untuk segera pindah ke kota. Bukan untuk tinggal dengan mereka, tapi untuk tinggal di sebuah panti jompo.

Dengan alasan cuaca, si bapak menyuruh anaknya untuk datang seminggu lagi. Selama seminggu tersebut, si bapak terus sibuk. Apakah yang dilakukannya..? Tonton aja langsung.. Pokoknya kalau suka yang melow-melow.. dijamin bakal mewek. Hiks..hiks..

Kalau yang Plastic Bag unik. Menceritakan suka duka selembar tas plastik sebelum akhirnya terdampar di sebuah pantai. Pokoknya unik deh, ga nyangka, tema sederhana tentang plastik bisa juga dibikin jadi film.

Then, seorang teman menyarankan film pendek lainnya yang berjudul Sign. Pertama langsung kupastikan, bahwa itu bukan film bokep (maklum temen yang merekomendasikan cowok, cowok kan kadang suka donlot yang aneh-aneh). Setelah dapat jaminan bahwa film itu jauh dari bokep, akhirnya kudonlot deh. Dan baru kutonton keesokan harinya. Ahhh, ternyata keren juga. Simpel temanya, tapi pengemasannya manis banget. Alurnya ga bertele-tele (ya iyalah, namanya juga short movie). Ceritanya.. tonton sendiri aja deh.. 😉

Sebenarnya ada banyak topik yang bisa dikembangkan jadi sebuah film. Kira-kira, kapan ya.. bisa melihat film-film pendek buatan anak bangsa (tersaji dalam jumlah yang cukup signifikan) di youtube.. ?

** sedang ngoprek youtube dengan keyword: Indonesian short movies, smoga bisa menemukan yang inspiratif dan unik.. 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s