Sekarang.. untuk Terumbu Karang !!

Aktivitas seseorang membuang sampah rumahtangganya di kali adalah pemandangan yang biasa kita lihat sehari-hari. “Aman kan.. tidak akan terlihat lagi oleh kita dan lingkungan ini tetap bersih.” Tukas seorang ibu yang baru saja dilihat membuang sampahnya di kali. Tak sadarkah bahwa kemudian sampah itu akan terus terbawa arus hingga ke laut. “Ah, laut kan luas, apa artinya seonggok sampah yang dibuang ke dalamnya.. bagaikan menggarami air laut.. “ demikian tukas si ibu. Hal serupa mungkin juga anda yakini. Juga diyakini oleh para pengusaha yang dengan seenaknya mengalirkan limbahnya ke sungai tanpa pengolahan sebelumnya. Hampir semua berkeyakinan bahwa apa yang kita lakukan di darat ini tak akan berpengaruh pada apa yang terjadi di lautan. Tapi apakah benar demikian..?

Anda tahu kan terumbu karang ? Hewan laut yang berwarna-warni yang sangat indah itu ? Keberadaannya melimpah di laut. Meskipun begitu, ia sangat rentan terhadap perubahan lingkungan.

 

Terumbu karang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan laut seperti tingkat kejernihan air, arus, salinitas dan suhu. Dia butuh cahaya supaya penyusun jaringan tubuhnya bisa berfotosintesis. Lalu bagaimana jika air laut menghitam karena pencemaran limbah kita ? Pasti akan mati, jika itu terus menerus terjadi. Terumbu karang sangat dipengaruhi arus, karena aruslah yang membawa pasokan oksigen dan makanan yang dibutuhkan terumbu karang. Terumbu karang juga sangat peka terhadap kenaikan suhu laut. Kenaikan atau penurunan suhu dalam waktu yang relatif lama dapat mengakibatkan kematiannya.

Nah, sekarang Anda pasti sering dengar kan bahwa bumi kita ini sedang mengalami pemanasan akibat menumpuknya kadar CO2 di udara..? Diperkirakan kenaikan tersebut sebesar 20 C. Nah, parahnya, pemanasan ini tak hanya terjadi di darat tapi juga di laut. Di laut, kenaikan suhu diperkirakan mencapai 40 C. Jika pemanasan ini terus terjadi maka terumbu karang yang mengalami pemutihan (kerusakan) akan semakin besar. Padahal sekarang saja terumbu karang yang dimiliki Indonesia telah rusak hingga tersisa tinggal 6,02%-nya. Hal ini terjadi karena aktivitas tak ramah lingkungan yang dilakukan di laut, seperti mencari ikan dengan mengebom, menyelam dengan menginjak terumbu karang, melakukan reklamasi, mencemari laut dengan limbah industri, menambang karang secara berlebihan, dll.

Jika terumbu karang rusak, apakah itu akan mempengaruhi hidup kita.. ?

Bangeeett.. Terumbu karang merupakan tempat berkembangbiaknya ikan yang sangat kita butuhkan untuk pemenuhan protein tubuh. Seperti kita tahu, kandungan protein dari ikan laut jauh lebih tinggi daripada protein nabati. Jika terumbu karang rusak semua, maka produksi ikan akan menurun signifikan. Lalu bagaimanakah nasib anak cucu kita tanpa asupan protein dari ikan laut..? Jika terumbu karang rusak, bagaimana dengan ribuan nelayan yang menggantungkan nasibnya dari ikan di laut..? Jika terumbu karang rusak apa yang bisa kita promosikan supaya turis-turis mengunjungi negara kita..? Padahal kedatangan turis itu menciptakan lapangan pekerjaan yang cukup banyak bagi kita. Jika terumbu karang rusak, maka hilanglah potensi bahan bangunan dan obat-obatan yang selama ini didapatkan darinya. Jika terumbu karang hilang, maka hilanglah pagar pembatas pesisir dari hempasan ombak laut.

 

Dan jika terumbu karang benar-benar hilang, diperlukan ratusan tahun untuk memperbaikinya. Jadi, mulailah perilaku ramah lingkungan dari sekarang karena aktivitas apa pun yang kita lakukan di darat, pasti akan berpengaruh pada kelestarian terumbu karang di laut.

Pertama, perkecil emisi kendaraan dengan sesering mungkin menggunakan kendaraan umum. Ingat, pemanasan global penyebabnya adalah karbondioksida yang salah satunya disumbang oleh emisi kendaraan. Kedua, gunakanlah alat elektronik seperlunya, terutama yang ramah lingkungan. Perbanyaklah menanam pepohonan di lingkunganmu. Minimalkanlah penggunaan plastik, buanglah sampah pada tempatnya, olahlah sampah organik rumahtangga untuk menjadi pupuk. Ajak pula orang-orang di sekitarmu untuk melakukan hal-hal kecil ini, mulai dari sekarang mumpung semuanya belum terlambat. Dan buat blogger, jangan berhenti untuk menuliskan ayo lebih ramah lingkungan. Selamatkan terumbu karang demi kita dan anak cucu kita, SEKARANG !

6 thoughts on “Sekarang.. untuk Terumbu Karang !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s