Belum Terlambat..!

Dari 1008 lokasi yang telah disurvei, terumbu karang Indonesia yang dalam kondisi sangat baik hanya tinggal 5.56%, sementara yang kondisi baik tinggal 25.89 %. Sisanya, justru dalam kondisi cukup dan rusak, yaitu mencapai angka 37.10% dan 31.45% (LIPI, 2009).

Wow parah juga ya.. Padahal sebagai negara bahari, sebagian besar wilayah Indonesia didominasi laut yang luasnya sekitar 5,8 juta km2 dengan panjang pantai sekitar 81.000 km. Semula, Indonesia juga dinyatakan sangat kaya dengan terumbu karang. Hampir seluas sekitar 85.707 km2 atau 15 persen dari total terumbu karang dunia ada di Indonesia. Namun ternyata kekayaan tersebut tak mampu kita jaga.

Sungguh, titel sebagai sebagai negara dengan megabiodiversity terbesar ketiga di dunia telah begitu melenakan kita. Anggapan bahwa alam kita kaya ternyata tak mampu membuat kita bersyukur. Justru membuat kita sombong dan mudah menghancurkannya. Nelayan kita, dengan alasan ekonomi, cuek saja mengebom laut hanya karena ingin mendapatkan hasil tangkapan ikan dengan lebih mudah dan lebih banyak. Kita sebagai konsumen pun tak peduli pada kenyataan eksploitasi laut yang seperti ini. Kita pun terus melakukan aktivitas tak ramah lingkungan di darat karena merasa ini tak ada keterkaitannya dengan yang terjadi di lautan. Bahkan ketika di lautan pun, kita melakukan aktivitas perusakan (tak disengaja) terhadap terumbu karang, seperti yang terlihat pada gambar ini.

 

 

Namun, semuanya belum terlambat. Dengan menyadari manfaat terumbu karang, sebagai sumber ikan dan makanan laut lainnya yang mengandung protein tinggi, pelindung pantai dan penduduk dari hantaman ombak dan arus, sumber penghasilan bagi nelayan (tangkapan ikan), kekayaan pariwisata bahari yang berdaya jual tinggi (memancing, menyelam, snorkeling), sumber kekayaan laut yang bisa digunakan sebagai obat-obatan alami, laboratorium alam untuk pendidikan dan penelitian, maka masih ada sekitar 5.56 % terumbu karang berkondisi baik yang bisa dijadikan modal awal untuk melakukan perbaikan.

Kita sebagai blogger yang ada di daratan, bisa jadi penggeraknya. Menciptakan kampanye mengenai aktivitas yang ramah lingkungan yang membuat terumbu karang kita terus berkelanjutan. Kampanye yang berkelanjutan semoga bisa mendorong pemerintah melakukan penegakan hukum terhadap perilaku pencemaran lingkungan, bisa mendorong pemerintah melakukan pemberdayaan nelayan dan memotivasi mereka untuk melakukan penangkapan ramah lingkungan. Bisa mendorong kita yang ada di darat ini untuk lebih memperhatikan lingkungan karena semuanya akan bermuara ke laut. Belum terlambat..!

Iklan

2 thoughts on “Belum Terlambat..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s