Belajar dari Tas Ajaib Hermione

Ketika melihat cuplikan di media mengenai pengungsi Merapi yang hanya sempat menyelamatkan diri, berbekal badan saja, hingga akhirnya berebutan bantuan di pengungsian, aku jadi nelangsa dan jadi teringat beberapa adegan di film HP. Yaitu adegan ketika Hermione telah menyiapkan semua barang yang mereka butuhkan dalam pelarian sehingga meski pun darurat dan pas-pasan kebutuhan dasar mereka tetap terpenuhi.

Mengapa hal serupa ini tidak dilakukan oleh warga Indonesia sebagai bagian dari kesadarannya hidup di daratan yang rawan bencana ? Kalau untuk mengantisipasi mati lampu saja kita sudah menyiapkan lampu rechargeable, mengapa kita juga tak menyiapkannya untuk hal yang terkait bencana..?

Berkaca dari pengalamanku setelah mengalami gempa beberapa bulan lalu. Kini, meski pun di kamar, aku slalu mengenakan baju panjang dan menggantungkan kerudung di ranjang. Jadi dalam keadaan darurat, aku cepat lari keluar dengan tetap menjaga aurat. Trus di gantungan aku juga menyiapkan tas yang berisi barang-barang darurat semacam senter kecil, obat-obatan, pisau, kartu atm,bahkan aqua gelas dan makanan cepat saji semacam mie gelas. Dengan harapan ketika bencana terjadi, aku sempat menyambar tas itu keluar. Jadi, ketika misalnya bantuan belum mencapai wilayahku, aku masih bisa bertahan.

Hal serupa pernah kubaca pada majalah Jepang terbitan kedutaan. Di sana diceritakan bagaimana rakyat Jepang dalam menanggapi bencana gempa, angin topan dan tsunami yang sering mereka alami. Salah satunya adalah setiap orang Jepang menyiapkan dirinya dengan tas darurat. Dan bagusnya, tas ini tak perlu mereka siapkan sendiri, tapi disediakan gratis oleh pemerintah. Atributnya cukup lengkap dan modern, ada kapsul makanan yang tersedia di tas tersebut, yang menjamin asupan nutrisi hingga beberapa waktu ke depan. Jadi ketika misalnya kita terjebak reruntuhan, kita masih dimungkinkan untuk bertahan.

Berhubung pemerintah kita masih demikian adanya, ga ada salahnya kan kalo persiapan ini kita lakukan sendiri..? Kata temen, tapi bisa jadi kan, kita panik dan tidak sempat membawa tas tersebut.. Apalagi kamu, yang sangat pelupa.. Hehehe, smoga saja tidak ya..

2 thoughts on “Belajar dari Tas Ajaib Hermione

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s