Kalah oleh Teknologi..

Petang kemarin duduk manis di angkot dengan hape dalam genggaman. Sambil menunggu angkot sampai di tujuan, maka aku pun membuka opera mini di hape dan mulailah bersurfing di sana. Status fb telah terperbarui, kompas edisi cetak pun mulai menghiasi mata. Beberapa objek mulai tercerna, hingga kemudian angkot berhenti di perempatan, karena traffic light yang menyala merah. Dan yang terlihat di mata kemudian adalah seorang anak yang menjajakan setumpuk koran pagi ke sana-kemari. Meski pun telah dijual dengan harga hanya Rp 1000,- jauh di bawah harga yang sesungguhnya, namun tak banyak yang berminat membelinya. Pasti yang jadi alasan adalah, ngapain beli hardcopy koran kalau bisa diakses lewat internet, melalui hape yang ada di genggaman kita setiap saat.

Sesaat kemudian aku pun mbatin, yup, internet memang telah melakukan revolusi terhadap sistem informasi. Kita dipermudah untuk mengakses informasi di mana saja dan kapan saja. Namun akibatnya, banyak profesi yang mungkin akan jadi melenyap karenanya, dan mungkin jumlahnya juga cukup signifikan.

Sebenarnya, teknologi yang tak ramah (terhadap hajat hidup kaum bawah) ini tak hanya dimonopoli oleh internet saja, tapi oleh beragam teknologi yang telah lahir sebelumnya. Misalnya traktor, juga melenyapkan jatah buruh tani, setidaknya hingga sepertiganya. Buruh pabrik pun banyak yang di-PHK karena kerjanya sudah bisa tergantikan dengan mesin. Tapi kehadiran teknologi bisa juga membuka peluang kerja lagi Wi, misalnya menciptakan peluang kerja di bidang IT, jadi banyak orang yang jualan pulsa di halaman rumahnya, dst..dst.. Tapi untuk itu dibutuhkan modal uang yang jumlahnya tak sedikit bukan, tak bisa hanya sekedar modal tenaga fisik yang selama ini masih jadi andalan beribu-ribu orang di sana..

Hmm, masih sebuah pertanyaan besar tampaknya, bisakah teknologi lebih ramah bagi kaum menengah bawah.. ? Kapan ya.. kira-kira itu bisa terwujud.. ? 😉

Iklan

2 thoughts on “Kalah oleh Teknologi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s