Pengajian Kontemporer..

Sebulan berlibur di rumah membuatku merasakan kembali atmosfer hidup di Jawa dengan segala pernak-perniknya. Kebetulan liburanku kemarin pas banget ama bulan Mulud atau Rabiul Awal. Pada bulan Mulud, di Pati, wilayah yang menjadi salah satu basis NU ini, nuansa religius tiba-tiba terasa sekali. Setiap hari ada barzanji terdengar dari loudspeaker masjid dan langgar (musholla). Setiap siang atau sore, pengajian ibu-ibu tampak berganti diadakan dari satu rumah ke rumah yang lain. Akibatnya, setiap hari, penjual makanan seperti ibuku pun laris mendapat pesanan makanan ;).

Dan pada malam-malam tertentu, di rumah warga yang ‘berada’, pengajian akbar yang mendatangkan beberapa kyai yang kondang dari kota lain pun rutin digelar. Salah satunya yang kuikuti adalah pengajian Ki Joko Gara-Gara. Nama asli kyainya adalah KH. Abdul Rokhim SPdI. Namun nama bekennya adalah Ki Joko Gara-Gara, karena metode pengajiannya memadukan ceramah dengan campur sari dan wayang kulit.

Coba lihat tag slogan yang selalu menghiasi penampilan Ki Joko di berbagai tempat seperti yang terlihat pada gambar di atas, “Angleluri budaya Jawi, mangga sami ngaji, ngugemi agama, manut tindak lampahipun para wali” yang berarti melestarikan budaya Jawa, mari kita mengaji, memegang teguh agama, bertindak sesuai yang diajarkan para wali.

Upaya yang menarik karena memadukan dan membangkitkan kembali wayang menjadi media dakwah. Jika kita ingat, wali sanga, terutama Sunan Kalijaga, memang menggunakan wayang kulit sebagai media dakwahnya di Demak. Dan kini, metode ini pun sengaja dikenalkan kembali oleh kyai asal Demak tersebut dan mendapatkan respon yang cukup positif. Malam itu, tak hanya warga satu desa yang berkenan menghadiri pengajian, namun warga desa lain pun berduyun-duyun mengikuti pengajian, bahkan hingga akhir acara yang lewat dari pukul 01.00 dini hari itu. Lama amat..? Yah, namanya saja gara-gara, bagian dari wayang yang memang tampil di tengah malam, ya otomatis pengajian pun berakhir setelah tengah malam.

to be continued..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s