Kembalinya Burung di Pinggir Jalan Ini..

Beberapa bulan ini, aku merasa semakin nyaman tiap kali pulang ke rumah. Mengapa ? Karena kalau sudah tenguk-tenguk, selesai beraktivitas, telingaku akan dihibur oleh banyak suara burung. Dengan angin yang sempribit, maka liyer-liyer pun semakin nikmat dirasakan. Hahaha.. Apalagi, suara merdu tersebut dihasilkan oleh burung liar bukan piaraan. Ahh, kenyamanan pun semakin dobel (iyalah, gratis ndak mbayar, hahaha).  Aku seolah-olah hidup di desa yang masih alami (berusaha melupakan fakta bahwa rumah kami berada di pinggir jalan raya yang granggrenggrong penuh kendaraan hilir mudik tiap saat. Hehehe).

“Mengapa sekarang ada banyak burung beredar di sekitar rumah ya..” iseng kubertanya pada ibu, “Padahal dulu juarang banget ada burung seliweran. Paling kalau malam, itupun hanya burung kecil yang suaranya ‘cuit-cuit-cuit..’ (dan jenis yang ini pun masih bertahan hingga sekarang).” Ibu yang sedang menyeterika menjawab, “Itu karena lahan di seberang jalan banyak yang ditanami jati, wis kaya alas saiki (udah seperti hutan) “.

Hmm, lumayan juga ya efek dari penanaman jati di lahan nganggur itu. Selain manfaat kayu bagi pemiliknya, ternyata dia juga menghadirkan kembali keanekaragaman burung yang sudah jarang kami temui. Ahh, semoga makin banyak pemilik lahan nganggur yang menanami lahannya dengan pepohonan di sekitar sini.

Dan untungnya lagi, selain suaranya yang menenteramkan itu, kehadiran burung-burung itu juga menyelamatkan wilayah kami dari ledakan populasi ulat. Jika di tempat lain ulat merajalela, maka di tempat kami, ulat-ulat itu sebagiannya disantap oleh emprit (dunno apa nama Indonesianya, apalagi nama ilmiahnya), prenjak, kutilang, gelatik dan berbagai jenis burung lainnya sehingga jumlahnya tidak berlebihan.

Ahh, semoga ndak ada manusia iseng yang menembaki burung-burung itu demi alasan yang ndak jelas di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s