Kreasi Nasi Basi: Bothok Masin

Ketika pulang Pati, maka yang ingin dirasakan pertama kali tentu makanan khas Pati yang jarang kita temui atau rasakan ketika berada di kota lain. Selain nasi gandul, ndas manyung, petis, maka ada satu lagi makanan khas Pati dan pesisir utara (bagian timur Jateng), yaitu bothok masin.

Seperti bothok yang lain, maka bumbu bothok masin adalah bumbu standar semacam bawang merah, bawang putih, cabe merah dan rawit, ketumbar, kemiri, daun jeruk, terasi. Sementara bahannya adalah parutan kelapa muda, udang/teri/daging. Selain itu, ada satu tambahan yang membedakan dari bothok lainnya, yaitu nasi basi. Hehehe, benar, untuk membuat bothok masin ini, kita harus menambahkan nasi yang telah dibasikan beberapa hari sebelumnya. Wujud nasi itu mblenyek, lembek, berair.

Hasilnya setelah dikukus seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Nyaris tak berbeda dengan bothok yang lain, tapi ada rasanya yang khas yang susah didefinisikan, hasil dari penambahan nasi basi itu. Meski bahannya nasi basi, dijamin ndak beracun kok. Apalagi jika disajikan dengan sayur bening (bayam, gambas atau pepaya muda) dan sambal, sluruuupf, pasti pengen nambah lagi !! Hahaha. Sugeng dhahar semuanya.. 😀

Bothok Masin+udang

One thought on “Kreasi Nasi Basi: Bothok Masin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s