Sayur asem..

Hee, karena tadi pagi kepagian bangunnya, dah gitu acara-acara hari ini baru dimulai jam 10.00, maka iseng-iseng jalan ke tukang belanja di pangkalan angkot deh. Eh, ada paket sayur buat sayur asem dijual. Boleh juga deh buat seger-segeran hari ini. Apalagi kalau ditambah tempe goreng dan sambal. Hmm, slurupf.. 😀

Setelah kusrekk-kusreekk, iris-iris, naik turun lantai 1 dan lantai 2, maka jadilah ini.

Mungkin ada yang mbatin, “Wih, ko isinya buanyak dan muacem-muacem gitu..” Yah, inilah sayur asem versi Jabar dan Jakarta. Ada kacang panjangnya, ada daun so/daun melinjo muda, ada melinjonya, ada jagung manisnya, ada nangka mudanya dan ada labunya. Hehehe, buanyak ya.

Sayur asem versi Jabar-Jakarta ini beda dengan sayur asem Jateng-DIY dan sayur asem versi Surabaya yang isinya lebih simpel dan sederhana. Kalau di Jateng dan DIY, sayur asem itu ya kacang panjang aja. Tapi kalau sayur asem versi Surabaya ditambah kol dan tauge kedelai. Nah kalau versi di rumah Patiku, kacang panjangnya ditambah krai (semacam timun), wortel, kol dan tauge kedelai.

Hehehe, jadi meskipun namanya sama, sayur asem, tapi isinya variatif, tergantung di mana memasaknya. Bumbunya juga, meskipun sama, tapi ada yang lebih suka diiris, namun ada pula yang lebih suka diuleg. Asem jawa yang digunakan juga beda. Kalau yang di Jateng dan Jatim lebih suka yang berupa asem kupasan, kalau di Jabar-Jakarta lebih suka asem jawa yang masih dalam bentuk buah utuh.

Kalau di Bali gimana Wi..? Kayaknya malah ndak ada. Habis pas dulu masak ni sayur trus dibawa ke kantor, mereka malah heran. Sayur apaan tuh..  😀

Btw, kalau sayur asem di tempatmu gimana..?

2 thoughts on “Sayur asem..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s