Tebar Benih..

Ketika kembali ke kampus beberapa bulan lalu, aku dikagetkan dengan hilangnya ratusan batang pohon tua di arboretum. “Dipangkas karena lahannya akan ditanami gedung baru mbak, ” jelas seorang teman. “Ndak cuma di sini, tapi banyak lagi pohon di kampus yang ditebang. Kemarin aja kami demo mbak..”

Dan beberapa waktu jelang akhir tahun, pembangunan besar-besaran pun dimulai. Kenapa justru di akhir tahun ya, bangunnya.. Strategi penghabisan anggaran akhir tahun..? Entahlah.. Karena tujuan dari pembangunan gedung-gedung baru itu juga ga jelas.. Penglihatan kasat mataku menunjukkan masih banyak ruang-ruang di kampus ini yang tak terpakai dan cenderung terbengkalai karena tak digunakan, jadi untuk apa bangun yang baru dan mengorbankan pohon-pohon yang telah berumur tahunan lamanya. Ahh, entahlah, daripada ngresula, aku mending makan buah saja.

Musim buah yang berbarengan dengan musim penghujan tahun ini benar-benar cocok untuk proyek kecil kami. Jika mereka rajin menanam gedung, biarlah aku dan seorang teman mengimbanginya dengan menebar benih rambutan, mangga, manggis dan sirsak yang kami sisihkan dari buah-buahan yang kami makan akhir-akhir ini. Semoga guyuran air hujan membantu benih  ini untuk tumbuh di sisi-sisi gedung megah itu. Jika ndak berhasil tumbuh, setidaknya kami sudah berusaha, menjadikan niat untuk go green, tak sekedar hanya niat belaka.

* Sungguh, berbuat nyata ndak butuh waktu, tenaga dan biaya berlebih ternyata 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s