The Land Beneath the Fog

Ini adalah salah satu film dokumenter Indonesia yang berpartisipasi dalam Chopshots 2012. Sinematografinya mantap.. Mengingatkan kembali akan keindahan alam Indonesia.. (Ngingetin kembali pas berada di Puncak Sikunir, menanti matahari terbit di antara siluet Sindoro-Sumbing). Yah, meski jalan ceritanya masih agak-agak gimana.. Tapi salutlah buat tim yang telah membuatnya.. Keeereenn, kalian berhasil mewujudkannya..!)

Sindoro dan Sumbing dari puncak Sikunir  dua tahun lalu. Koleksi pribadi Dewi

Sindoro dan Sumbing dari puncak Sikunir dua tahun lalu. Koleksi pribadi Dewi. Kalau di filmnya, silhouette Sindoro dan Sumbing diambil dari Merbabu

Film ini mengisahkan bagaimana petani-petani di Genikan harus beradaptasi dengan perubahan iklim yang tak mereka mengerti apa sebabnya, namun berpengaruh buruk pada aktivitas pertaniannya.

Cuaca tak dapat lagi diterka. Seharusnya musim sudah kemarau, namun hujan turun tiap hari, padahal mereka terlanjur menanam jenis yang cocok untuk musim kemarau. Walhasil, cuaca yang tak menentu pun merusak tanaman. Tak tahu apa yang harus dilakukan, mereka bisanya hanya memperbanyak pupuk maupun penggunaan pestisida kimia untuk mendongkrak hasil dari  tanaman yang rusak tersebut. Akibatnya ongkos produksi membengkak. Sayangnya, pasar tak mau mengerti problem ini. Pengepul maunya membeli dengan harga yang sama atau bahkan serendah mungkin. Akibatnya, uang yang didapatkan petani pun semakin sedikit dan mengancam kelanjutan pendidikan anaknya. Pendidikan menengah umum yang menawarkan program gratis SPP pun, bahkan tak bisa mereka akses. Ongkos seragamnya bagaimana, biaya awal masuknya bagaimana, transportnya bagaimana, bukunya bagaimana, SMP kan jauh dari rumah mereka.. Uang jajannya bagaimana.. (Jadi persoalan pendidikan, tak cukup teratasi dengan dibebaskannya SPP saja ya..)

Perubahan iklim adalah tantangan besar bangsa ini. Jika tak segera ditangani, masyarakat kecil lah yang akan menjadi korbannya. Itulah pesan yang kuterima saat menonton film ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s