Saving vs Investment

Suatu hari di acara bincang-bincang RRI tengah malam, seorang penelpon mengungkapkan dengan berapi-api, “Saya ga percaya tabungan, apaan.. bunganya dalam setahun cuma 2,5 %, padahal inflasi dalam setahun bisa mencapai 10% (Oh, makanya tarif tol naik  10% tiap tahun ya).. Saya lebih percaya investasi, dalam bentuk tanah dan properti. Harganya akan terus melambung tinggi..”

Dan semangat si penelpon ditanggapi dengan kalem oleh si konsultan keuangan yang menjadi narasumber acara tersebut. “Jadi begini bapak, kelebihan tabungan meski bunganya kecil adalah dia bisa menyediakan tunai dalam waktu cepat. Hal ini tidak bisa dipenuhi oleh investasi. Untuk bisa menjadi uang tunai, investasi berupa properti, tanah butuh waktu lebih. Kita harus mencari dulu yang mau membeli investasi kita, harus proses tawar menawar dulu, baru kemudian deal, lengkapi kontraknya dan baru bisa diuangkan. Nah, butuh waktu lebih lama tho.. Karena itulah, selain investasi, kita juga butuh tabungan. Bukan untuk subtitusi, namun komplemen, melengkapi.

Gambar copas dari http://studypoints.blogspot.com/2011/05/size-of-national-income-is-determined_8046.html

Gambar copas dari

http://studypoints.blogspot.com/2011/05/size-of-national-income-is-determined_8046.html

Lalu bagaimana jika pendapatan hari ini hanya cukup untuk makan hari ini saja. Darimana bisa menabung bahkan investasi..? Tanya penelpon berikutnya. Atur pengeluaran sesuai pendapatan, penuhi hutang dan kewajiban dulu (sisihkan untuk tabungan), baru sisanya untuk konsumsi dan kebutuhan primer lainnya.

Owh, gitu tho. Hmm, dapat ilmu baru lagi. Suer, sebelumnya hal yang semacam ini (pengelolaan keuangan) jarang aku pikirkan. Hehehe. Ada gunanya juga ya mati listrik hampir 9 jam. Bisa dengerin radio transistor berbatere dan mendapatkan tambahan ilmu macam gini..😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s