Bully Ijuk

Kemarin aku mengupload foto ini di fb dengan captionMaaf, baru ngeh kalau ijuk sapu ini berasal dari tanaman ini.. ” Niatnya  si iseng, mengakui bahwa aku baru tahu dan juga ngasih tahu teman-teman yang mungkin belum tahu. Meski sepele, dengan perkembangan zaman sekarang, bisa jadi banyak orang belum tahu kalau ijuk sebenarnya berasal dari serabut batang Arenga sp. Apalagi mereka yang hidup di perkotaan, yang notabene gersang dan lebih banyak ditumbuhi gedung daripada tanaman.

ijuk

Tidak lama kemudian komentar berdatangan tapi sebagian besar bernada negatif, “Ya ampyuuun, gitu aja ga tahu Wi.. ” Dst..dst. Komentar ini datang dari teman-teman yang dulunya pernah hidup di desa maupun yang sudah lama berkecimpung dalam dunia pertanaman (wajar jika mereka lebih tahu). Aku yang sudah biasa dengan pem-bully-an pun santai aja menanggapinya. Kutanggapi komentar-komentar dengan bercanda.. Cuma dalam hati muncul keprihatinan.. Tipikal Indonesia banget si.. Sekalinya anda tahu (meski itu sedikit) maka langsung saja anda kemeruh dan menganggap orang yang ga tahu lebih rendah. Banyak yang ga sadar bahwa olokan seperti ini akan mematikan keingintahuan orang yang belum tahu. Yah, daripada diolokin tidak tahu mending pura-pura sok tahu dan tidak perlu mencari tahu lebih jauh.. Begitulah yang biasanya terfikirkan oleh orang yang belum tahu. Tanpa kita sadari, olokan mendorong orang untuk munafik, tidak jujur pada diri sendiri. What a pity jika kita terus menerus melakukannya.

“Jadi, dendam karena dibully ni Wi..” Nope, aku mah santaaai, mau diolok-olokan kaya gimana juga lempeng, ga ngaruh, cengar-cengir no hurt feeling.. Ehekehek.. Dan aku juga ga akan berhenti posting hal yang remeh. Berbagi pengetahuan itu ga usah muluk-muluk dan bikin orang pusing, mulai saja dari hal sepele yang ada di sekitar kita😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s