About Me Dee

beratan

Assalamualaikum…

Perkenalkan, nama saya Dewi Lestari. Apakah saya pemilik suara lembut dan merdu yang melantunkan “Malaikat juga Tahu” itu..? Sayang sekali bukan.. Suara saya jauh dari kata merdu dan lembut. Teman-teman sering berucap jika saya menyanyi, maka semua lagu yang saya nyanyikan, apapun genrenya, akan berubah menjadi lagu berlogat Jawa, dengan m, p, d, t, b, g yang suangat medhoknya.. 🙂

Apakah saya Dewi Lestari yang telah menikah dua kali itu ? Sayangnya bukan, karena hingga sekarang saya belum menikah, apalagi sampai dua kali 🙂 Apakah saya Dewi Lestari yang piawai menulis hingga menghasilkan beberapa novel dan buku kumpulan cerpen itu ? Sayang sekali bukan.. Seingat saya, saya baru berhasil menulis satu karya, yaitu skripsi saya yang berjudul “Perbandingan Strategi Nafkah Rumahtangga Nelayan di Palabuhanratu Sukabumi dan Banyutowo, Pati.” 🙂

Lalu siapa saya ? Saya adalah Dewi Lestari yang menghabiskan sebagian masa hidupnya di Pati. Sementara waktu liburan sekolah biasa saya habiskan di Jogja, di rumah dan kosan Bulik-Bulik saya. Saya berkuliah di mBogor kota BERIMAN tahun 2001-2005. Dan kini, sejak Agustus 2010, saya kembali ke kota ini.

Beberapa waktu lalu, sejak pertengahan 2006, saya sempat berdomisili di Bedugul, Tabanan, Bali hingga beberapa bulan lalu. Foto di samping adalah foto yang diambil teman di tepian Danau Beratan, salah satu dari tiga danau yang ada di kawasan Bedugul. Danau ini berjarak + 500 m dari kontrakan saya. Lho, foto dua danau lainnya mana ? Emmm, gimana kalau foto itu Anda buat sendiri kalau suatu saat Anda ke sana. Saya jamin dua danau itu (Buyan dan Tamblingan) tak kalah indahnya dengan danau Beratan ini.

Meskipun manusia di dunia ini yang bernama Dewi Lestari sangatlah banyak jumlahnya, namun saya berbahagia, terutama karena ada satu Dewi Lestari yang berprestasi (lagi–lagi, bukan Dewi Lestari saya..) sehingga ketika saya mengetikkan nama saya dan nama dia di google search, maka yang tersaji adalah situs-situs yang “nggenah”. Jadi, saya tidak perlu mengalami kekesalan yang dialami teman saya saya. Saat dia mengetikkan namanya, yang tersaji sebagai hasil pencarian adalah situs-situs yang plus-plus.. Maklum, nama dan kota domisilinya memang sama dengan salah satu artis yang terkenal plus-plus juga.. 🙂

Kembali, bukannya saya ingin menyamai Mbak Dewi Lestari yang pinter nulis itu. Tapi kini menulis adalah salah satu kegiatan yang saya nikmati di waktu luang saya yang sangat puanjang itu, selain membaca dan belajar memasak tentunya.

Seperti kata banyak orang, menulis itu tidak mudah, butuh komitmen dan latihan terus menerus. Dan perkataan ini memang banyak benarnya. Saya sering mengalaminya. Banyak ide yang muncul di kepala. Tapi ketika sudah di depan desktop, tiba-tiba ide itu lenyap entah ke mana. Banyak gagasan muncul saat dalam perjalanan, tapi ketika pulang dan menyempatkan diri membuka catatan, tiba-tiba kasur dan bantal tampak lebih menggoda. Ketika akhirnya konsentrasi  terkumpul, banyak yang ingin dituliskan hingga akhirnya ngelantur ke mana-mana tak ada ujungnya (seperti tulisan ini juga tampaknya ). Banyak kendala yang saya hadapi untuk menulis. Bahkan untuk menuliskan hal-hal remeh dalam keseharian, saya pun selalu mengalami kesulitan. Hufp..

Dulunya, semua tulisan itu mengumpul dalam satu folder. Sempat bingung, ni tulisan mau diapakan.. Kemudian terengtengteng… muncullah blog.. Wow, sungguh penemuan yang mengagumkan di abad ini. Setidaknya saya bisa membagikan sedikit informasi bagi yang lain, terutama mengenai tempat-tempat yang pernah saya kunjungi. Yap, saya memang belum berharap bahwa tulisan saya ini bisa menginspirasi atau menggugah orang lain karena kemampuan saya memang belum sampai ke sana. Bagi saya, menulis yang berbau informasi saja sudah sedemikian susahnya. Apalagi menulis sesuatu yang membuat orang trenyuh, bergerak empati dan attitudenya.. Namun, saya selalu berharap, saya akan sampai juga ke sana. Practise make perfect .. Hal itu juga anda yakini kan.. 🙂

Oleh karena itu, yang sudah mampir ke sini, mbok yao.. bantu saya.. untuk berkenan sedikit memberikan kritik dan saran gitchu, biar saya makin semangat buat belajar menulis.. lagi.. lagi dan lagi.. (waduh, kok seperti slogannya salah satu peserta cilik di ajang nyanyi di teve swasta ya..). Buat yang tidak sempat memberikan saran dan kritik, yah, semoga salah satu tulisan saya memberikan sedikit informasi bagi Anda. Terima kasih sudah mampir…

Wassalam,

-dewi lestari-

** nb: Tulisan terbaruku bisa diklik di kolom sebelah ya.. Ada banyak pilihan di sana 😉

111 thoughts on “About Me Dee

  1. sangat detail dlm menceritakan diri sndiri n skitarnya, mirip salah satu novel best seller indonesia 🙂 klo tulisn2 lainnya,gw liat sangat Bercerita banget, detail, tp masih kurang mengajak pembaca menyelami kedalam cerita dan merasa menjadi bagian dlm cerita, atau cm gw aja ya???!

    • assalamu’alaikum mbak dewi, senang sekali bisa kenal seperti mbak.

      cara memperkenal kannya sangat menarik bagi siapa saja yang membacanya, lutcu dan punya khas tersendiri. bener-bener alami. jadi penasaran danau yng disebut mbak td (Buyan dan Tamblingan. mau dunk di belajarin biar bisa nulis kayak mbak… 🙂

  2. huehe2, namanya juga baru belajar.. jadi musti dikritisi terus menerus ni.. pengen suatu saat nanti bisa bercerita macem umar kayam ato sindhunata.. dah baca belum.. asik.. reportase, analisisnya alus, ga tampak menggurui..

  3. Detail, panjang, dan lama..
    he..he.. jadi kayak iklan coki-coki..
    Nice writing mate! Reminds me to my childhood in town..
    Your’s definetly a long-long story. As an amateur, I need prettylong time to read those all..
    Semangat!

  4. wi, ketololan dan kekonyolan lu masih blm seberapa dengan ketololan yang dah gue bikin. masih ingetkan waktu gue ikut tanding basket pertama kali?? hehehe.. yup!! gue memasukan bola basket ke keranjang sendiri!! Bodoh!!

  5. Thx yan..buat komenx..
    Krn gw jg msh amatir,input2 kaya gini ni yg gw butuhin..biar tulisan gw makin bisa dinikmati..smg ntar ad ksmptn buat merbaikin.he3.
    Thx bu,datang lagi y..kapan2..

  6. @ lu’lu.. Iyah lu, hidup kita memang penuh kekonyolan.. Tapi gw yakin lo & gw udah melakukan beribu-ribu cara untuk menghilangkan atau memperbaiki efek dari kekonyolan itu. Jadi, tetap smangad yah..

    @ agni, iyah bu.. Gw slalu n tetep smangad ko.. Dirimu juga yah..

  7. Wah Deeeewiiii……
    apa kabar’e makin betah aja keliatane di bali ya….
    Pemandangannya bagus, di mana tu..?
    hari senin ini aku ke Bali, tapipaling hari rabu baru sampai Bali karena aku ke Surabaya ama Malang dulu..

  8. Okeh,bu..aku dah visit k blogé sampeyan..tp komenx ko dlock y buw..pokoké aku dah hadir lho buw..he.he
    he.he,ayo mb, smangad2!
    Aku juga msh bljr ngontrol moody nulis ni..

  9. dewi??? hwaaaaaaaaaa senangnya ketemu dirimu disini…
    ngga sengaja lho, bisa mampir sini, berkat ika tuh, hihihi…

    smangat! aku kan rajin mengunjungi blogmu ini… 😉

  10. Wah banyak juga yang sudah mengunjungi kamu ya bu. Sepenggal cerita hidupmu di atas membuat saya harus mengomentarinya…tapi tenang saja komentrnya cuma satu, bonus komentarnya juga satu,he….1.Kenapa kamu bandingin dirimu dengan Dewi Lesatari Yang “Malaikat juga tahu”?Harusnya dia yang bandingin dirinya ma kamu….Gimana setuju gak?ha….2.klo kamu “terpaksa” harus bandingin diri kamu ma DL (disingkat ja ya)”Malaikat juga tahu” harusnya kamu bilang bahwa kamu DL “Malaikat dari dulu menjagaku?…Bukan begitu bu…;)

  11. @ mb yani, hehehe, slamat dtg ya bu..seneng ni blogku dknjungi tamu jauh dari korea..he.he. Sering2 berkunjung bu..wah, senangnya.. Brarti tulisanku musti diupdate trus donk ya, biar g mboseni..he.he

    @ ms inock, awalx bnyk yg nyasar ksni krn nyangkain aku adlh DL yg itu.. Jadi sblm mrk salah sangka, tak antisipasi dlu.he.he. Mengapa mst dbndgin dgn dia ? Biar ktahuan aj mas, bedax ky gmna..he.he.

  12. He.he,matur nuwun buw..
    Mo jd terkenal ternyata bikin malamku makin pendek y buw..he.he. Malam ni mo nulis apa ya.. (garukz2 mode on).

    Teringat kumpulan cerpen Rahmat H Cahyono “Musim Panas dan Sepasang Anjing” yang berlatar Korea, jadi pengen nanya, sekarang di Korea lg musim ap Buw..

  13. hehehe… ngga usah dipaksain kalo udah cape ngantor, nge-blognya kan bukan kewajiban 😉 penyaluran hobi dan bakat kali yah? hihi…

    di sini lagi musim semi wi, cuacanya ngga enak. kayak pancaroba kalo di Indonesia. kemarin aku dah kena radang tenggorokan. temenku skrg lagi batuk2. fuhh, harus “dopping” vitamin terus niy…

  14. He.he, nulis te2p hobi yg sekunder ko mb.. Buktix tdi mlm truz lanjut ke hobi yg primer, molor..kekekek.

    Jaga kondisi mb.. Jgn lupa oleh2x kalo pulkam..ngarep mode on.he.he

  15. halooooo……wah…. wah….. pa kabar jeng???…dirimu kie ternyata pandai merangkai kata2 yo….and kreatif ( jeprat jepret ambil gambar orang tanpa permisi he…he ) gak po2 yu……itung2 ben ora ngantuk….semoga disuatu kesempatan nanti kita bisa kumpul2 lagi yah….bikin aksi usil lagi…and gak lupa permainan tenis meja kita yang menguras banyak energi itu lho :-D, trus karaokean bareng ( ada yang sakit telinga ga ya denger suara merdu kita ha…ha)

  16. Amien, smg kekangenan sampeyan utk ktmu lg dgnku segera dikabulkan Allah mbak..he.he

    Mb, sbnrx fto2 tu bkn aku yg jepret lho..buktix mukaku ad di sebagian ftox..aku cm kasih ilustrasi aja.ha.ha

    Oy, fto qta maen pingpong g takpajang di sini..takut menimbulkan kebingungan publik, itu sebenarx maen pingpong ato silat..

    Karaokean, ah, bikin ktagihan mb, skrg jd srg karaokean d perpus kbun..andai ada rangga di sini, aku pasti sering kena lempar buku..he.he, ngarep..

  17. mbak dew..mbok saya dikasih tau yang sukolilo buat minyak jarak itu dimana n sapa namanya soalnya aku tadi habis dari sulang rembang ketemu yang buat minyak jarak ternyata itu sudah turun temurun ndak ada yang ngikut padahal banyak yang nyari ho. klo yang skllo bisa ketemu kan nambah khasanah warisan nenek yang bisa terdaftar.(opo kuwi). posisiku di wedarijaksa.

  18. Actually, aq g tahu apakah tradisi tu msh diturunkn hingga sekarang..karena aktivitas pembuatan minyak jarak tu ketemux duluuu juga..pas aq msh smp..hehe, hmpir 13 tahun lalu.. Aq lupa nama desax.. Kalo g salah dari kntor kecamatan sukolilo masuk lagi k dalam..coba ntar taktanyain ke temenku..

  19. Wi, kok blum nikah???? lantas yang diceritain itu anak siapa?? Hi hi hi… Sumen lieben ya? Wue he he… Kowe lucu Wi.. Jadi inget konco sekosanku dulu yang saking lucunya, wajahnya mirip komik bangeds.. Hi hi hi.. Jadi pgn baby sitter anakku koyo kowe… Alba pasi cepet pinter ngelucu.. Lho… ^_^

  20. Anak yg dcritakan ? kalo yang di cerita jogja dan taman pintar anakx bulikQ a.k.a sepu2Q..heheh.. Anak sndri..ntar dlu mb, mst nemuin bpkx dlu..hehe..

    Aq lucu..wah, bru smpeyan yg blg spt itu..biasax mreka blg aq srius, tekun, rajin menabung dst..hehe.. Salam tos bwt alba adekx seiko ya mb..heheh

  21. Sbenarnya kajian saya bukan dari sisi kuantitatifnya pak, tapi dari kualitatifnya..jadi susah buat saya nyebutin berapa nilai tukarnya..(ngeles mode on)
    Yah, boleh dibilang memang lebih rentan dari petani pak, mungkin petani bisa dibilang hanya terancam saat paceklik atau musim kemarau. Namun hasil dari nelayan tidak bisa dipastikan, hari ini bisa melaut, namun bisa jadi besok badai selama dua minggu, hingga mereka sama sekali tidak bisa melaut. Belum lagi, saat di laut, arus membesar hingga tak ada satu ikan pun yang telah didapatkan. Belum lagi mereka sangat terikat dengan tauke, tidak bisa bebas menjual hasil tangkapannya. dst..

    ga tahu ni pak.. kapan nelayan kita bisa makmur dengan mengandalkan hasil maritimnya.. 😦

    Oy pak, terima kasih kunjungannya..

  22. Salam kenal n thx dah brkunjung k blogQ..

    Bikin aja akunx d wordpress.com.. Stelah dpt notifikasi n passwordx d email qta, klik aj..n qta akan trhubung ma dashboard qta..bnyk option n widgets yg bs qta manfaatkan dari yg tertampil di dashboard..trutama soal tampilan blog yg qta inginkan.. klik2 aj, trial n error..

    Kalo g, coba cri d goggle, bnyk ko panduan u/ bqn akun wp dsna..

    Slamat mencoba ya 🙂

  23. Kata pertama yang aku teriakan adalah “SALUT DAN BANGGA” pada Srikandi Pati yang eksis juga di blog. Postingannya juga banyak dan bagus mesti sama-sama baru belajar, but ini sudah lumayan bagus. Terutama kemauannya untuk belajar. Maju terus, maju srikandi-srikandi Pati. Arjuna “nututi”…

  24. dewi lestari yang satu ini kalau dilihat sekilas tampak serius dan rada galak (ups! :D). tapi kalau udah kenal, rugi aja mengira dia ini serius dan galak, soalnya konyol buanget. btw, about me-mu ini puanjang buanget. hehehehe….

  25. Aduh weka, sx datang kau langsung merusak citra sriuss yg kubangun berpuluh tahun lamanya..wakakak..
    Jdi k’inget, komenmu ni mewakili komen standar temen2 skelas 1-4..”awalx takpiQr gualak, suerius..ujung2x, gubrak !!” heheheh, kpn qta kmpul 1-4ni..kangen..

    Soal page ni..huehe2, untuk menjelaskan dewi memang butuh ribuan kata Ka.. Tadix mlh pengen bQn memoar sxan lho..wakakak..

    • salam kenal kembali.. saya sudah blogwalking ke sana, tapi blom meninggalkan jejak.. bingung saya, blog-nya sophisticated banget..hehehe, ntar kapan2 saya akan mampir lagi.. jangan bosen buat main ke sini ya..

  26. Mba, salam kenal! Mba, saya baca ulasan, mba di Kompasiana ttg buku Selimut Debu-Agustinus Wibowo. Tulisannya bagus sekali, mba 😉 Skrg saya mau minta izin, boleh nggak klo ulasan itu saya posting di milis pecinta buku? Biar orang lain jg tahu ttg buku itu dan tulisan Mba yg menarik. Nanti saya akan mencantumkan sumbernya. Saya tunggu kabarnya. Thanx =)

    • Lha sampeyan fansx uakeh je mas.. Bs dmaklumi.. pasti sibuk bgt bagi tandatangan..wakakak..
      Diotak-atik dashboardé ae mas, pasti isolah, lha wong njenengan luwih canggih owk..

  27. wow… keren banget cara mengetopkan dirinya… he..he.. yang pasti kita harus menulis sesuatu yang bermanfaat buat diri kita dan juga orang lain, walaupun itu sekedar saduran/copy paste… salam kenal… moga kita bisa saling tukar informasi…
    irvanhabibali.wordpress.com
    irvandedy@ymail.com

    • manstaB bos adi.. iya tu, lama banget blog-nya dianggurin, untung durung jamuran..
      hehehe, fb-ku si masih kupertahankan buat majang link tulisanku di kompasiana dan wp..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s